Pages

2 Nov 2013

“Rubahlah Hidup Anda Sekarang”



“Rubahlah Hidup Anda Sekarang”
Penyaji : Bhikkhu Aggacitto

Satu hal yang menyamakan antara satu dengan yang lainnya didalam kehidupan manusia yaitu tercapainya kebahagiaan, bisa dikatakan manusia terlahir didunia ini tidak ada yang mengharapkan sebuah penderitaan didalam kehidupannya. Meskipun demikian harapan dan kenyataan terkadang sangatlah jauh berbeda, semua itu bukanlah karena dipengaruhi oleh siapa – siapa, melainkan itu semua dikarenakan oleh dirinya sendiri yang tidak mampu mentransformasikan dirinya secara maksimal dalam menjalani hidupnya. Manusia lebih cenderung manja, pasrah dan menggantungkan diri terhadap sesuatu diluar dari dirinya sendiri sehingga ketidak berdayaan yang ada didalam dirinya memberikan pengaruh terhadap kehidupannya.
Didalam salah satu buku karangan Napoleon Hill yang berjudul “Think and Grow Rich” dituliskan  “Andalah kapten jiwa dan penentu kehidupan anda”, kemudian didalam “Loka Vagga XII ; Syair 168 Sang Buddha juga bersabda “Uttitthe nappamajjeya dhammam sucaritam care Dhammacari sukkham seti asmim loke paramhi ca” yang artinya Bangun jangan lengah tempuhlah kehidupan dengan benar, barang siapa yang menempuh kehidupan dengan benar, maka ia akan hidup bahagia didunia ini maupun di dunia berikutnya. Dari uraian yang sederhana tetapi memiliki makna yang sangat mendalam tersebut, tentu dapat dijadikan renungan bahwa sebenarnya kehidupan siapapun tidak ada yang mempengaruhinya/ mengaturnya melainkan tergantung bagaimana seseorang menjalaninya. Kehidupan sekarang ini ibaratkan sebuah kapal yang diawaki oleh seorang Nahkoda, kemana arah dan tujuan kapal tergantung bagaimana seorang nahkoda mengarahkan kapal tersebut, tanpa ada seorang nahkoda kapal tidak akan mungkin kapal dapat berjalan dan sampai kepada tujuan.
Untuk itu hendaknya seseorang yang sudah menyadari jika kehidupan ini tegantung pada dirinya sendiri maka seseorang seyogianya harus berani memulai dan berani merubah hidupnya. Meskipun didepan banyak rintangan, banyak badai dan gelombang yang menghadang janganlah pernah sedikitpun takut menghadapinya, “appamadena sampadetha”. Tingkatkanlah kebajikan karena kebajikan adalah salah satu sumber spirit yang mempunyai kekuatan yang dapat membantu merubah kehidupan menjadi lebih baik, yang dapat memberikan kebahagiaan. Janganlah pernah melakukan kesalahan atau keburukan meskipun itu kecil. Yakinlah keteguhan dengan segenap daya upaya benar yang dilakukan akan membuahkan hasil yang gemilang. “Sesuai dengan benih yang ditabur maka itulah buah yang akan dipetik, pelaku kebajikan akan menuai kebajikan pelaku kejahatan akan menuai kejahatan (Samyutta Nikaya I:227).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar