Pages

1 Feb 2013

Kebahagian

Didalam proses perjalan dan perkembangan makhluk hidup didunia, tak terkecuali kita pada dasarnya mempunyai satu keinginan dan satu harapan yg sama, baik keinginan untuk kelangsungan hidup dan keinginan untuk mempertahankan hidup supaya lebih baik.
Yang menjadikan dan yang menyamakan satu keinginan dan satu harapan setiap makhluk yaitu terciptanya “RASA KEDAMAI & KEBAHAGIAAN” Rasa damai dan Kebahagiaan merupakan salah satu harapan dan keinginan semuanya. Tidak ada satupun makhluk hidup didunia ini yg tidak mengharapkan KEDAMAIAN KEBAHAGIAAN, bahkan jika kita perhatikan binatang sekalipun menginginkannya.
Jadi kebahagiaan merupakan salah satu bagian hal yg HAKIKI didalam tujuan makhluk hidup didunia.  Tidak mengherankan apabila saat ini kita telah banyak mendengar dan melihat sendiri bagaimana orang – orang pada berlomba – lomba untuk mendapatkan KEDAMAIAN & KEBAHAGIAAN tersebut, baik dengan cara – cara yg salah ataupun dengan cara – cara yg benar.
Bahkan tidak tanggung – tanggung demi mendapatkan segala sesuatu yang di inginkannya Harta benda, pangkat dan jabatan yg dimiliki pun dipertaruhkan. Tetapi apabila kita kaji kembali dan kemudian kita pikirkan dan kita renungkan, hal tersebut sebenarnya tidaklah menjamin. Pola pikir dan pandangan keliru inilah yg akhirnya menjadikan sebuah BOMERANG yang kemudian melemahkan akal sehat dan kepribadian menjadi tidak seimbang.
Apabila kita benar – benar sedikit telah memahami dari apa yg telah diajarkan oleh sang Sang Buddha, “Membangun KEDAMAIAN dan KEBAHAGIAAN” Baik didalam berkeluarga ataupun dalam hubungan sosial” itu tidaklah mahal, tidaklah sulit. “KEDAMAIAN dan KEBAHAGIAAN” sebenarnya sudah berada didalam diri kita sejak lama, tetapi karena (Lobha, Dosa, Moha) dan kesalahan diri kita sendirilah yg akhirnya menjadikan hal tersebut tidak pernah di rasakan.
Pada hakekatnya semua makhluk mendambakan kehidupan berkeluarga yang sejahtera, damai dan bahagia, tetapi bagi setiap individu, rumusan atau pengertian kehidupan berkeluarga tersebut tidaklah sama, karena batasan atau kecenderungan setiap orang adalah berbeda – beda. 
Empat factor pembentuk dalam mencapai cita – cita luhur berkeluarga : 
  • Saddha (keyakinan) 
  • Sila (moralitas) 
  • Caga (Kemurahan hati, dermawan, cinta kasih dan kasih sayang) 
  • Panna (kebijaksanaa)

Ada beberapa hal yg perlu kita pahami guna untuk mebangun dan menciptakan KEBAHAGIAAN didalam diri kita :

  • Bebaskan diri dari kebencian (DOSA)
  • Bebaskalah kebimbangan dan kekawatiran (UDDHACCA & KUKUCCA)
  •  Hiduplah sederhana & Rasa Syukur 
  • Berharaplah sedikit
  •  Berilah lebih banyak 
  • Tersenyumlah

Tidak ada komentar:

Posting Komentar