Pages

27 Des 2011

Kata – Kata Bijak

 Sebentar lagi sudah akan memasuki tahun 2012. Ternyata tanpa terasa waktu berjalan sangat begitu cepat, bahkan tanpa kita sadari usia juga semakin bertambah. Tentunya sudah banyak hal yang telah terlewati selama setahun ini, baik itu yang menyenangkan ataupun yg tidak menyenangkan. Dari banyaknya hal yg telah terlewati tersebut, sudah banyakkah kebaikan yg telah kita lakukan..??? Jika memang belum, maka marilah kita melakukannya bersama - sama, agar kehidupan dan perjalan yg telah terlewati ini tidak sia - sia. Janganlah pernah menunggu & menunggu karena waktu yg terlewati dan kesempatan baik ini tidak akan bisa kita putar kembali.
(Civittam Aniattham, Maranam Aniattham - Vayadhamma Sankhara, Appamadena Sampadheta)
 
Ketidak mampuan merupakan salah satu bagian dari kelemahan didalam diri seseorang, tetapi meskipun demikian bukan berarti itu adalah akhir dari segalanya. Justru dengan adanya kelemahan tersebut, seseorang mampu memahami dan menyadari akan dirinya sendiri, sehingga tahap evaluasi itulah yang nantinya akan memacu kedepan dalam menyeimbangi dan melengkapi kekurangannya.

Menciptakan sebuah "Kedamaian" sebenarnya tak perlu susah - susah dan tak perlu repot - repot harus memaksakan orang - orang yang disekeliling kita agar mau melakukannya, tetapi cukup memulai dengan mendamaikan diri sendri maka kedamaian tersebut akan selalu dapat kita rasakan sepanjang waktu. Ketika kita sudah memulainya itu berarti sudah ada upaya didalam menciptakan perdamain untuk semuanya, karena segala sesuatunya dimulai dari diri sendiri terlebih dahulu.

Kita semua tentu sudah menyadari bawasannya kita masih jauh dari pada kesempurnaan, Tetapi yakin dan percayalah jika kita mau berusaha dengan baik maka kita masih mempunyai peluang besar dalam mencapai dan merealisasi hal tersebut.

Jika seseorang pergi ke Dokter, maka rata - rata mereka pasti datang dikarenakan adanya keluhan, permasalah atau penyakit yg dialaminya. Tetapi pernahkah seseorang dengan kondisi yg baik - baik saja pergi ke Dokter??? (dg tanda kutip)...
 Demikian juga halnya, Rata - rata seseorangpun datang & pergi ke Vihara, Masjid, Gereja & Pura lantaran dikarenakan adanya masalah.

Buddhist tidaklah seperti paradikma yg telah diasumsikan kebanyakan orang, Buddhist juga bukanlah suatu ajaran yg segalanya penuh dengan tahayul, ritual atau kepercayaan saja, tetapi Buddhist mengajarkan suatu hal yg dapat diterima dengan rasionalisasi dan logika, sesuai dengan perkembangan jaman sekarang. Ajaran Buddhist juga tidak membatasi kepada siapa saja, walaupun bukanlah berkeyakinan Buddhis tetap diperbolehkan dan diberi kebebasan untuk mempelajarinya, karena ajaran buddhist adalah Universal.

Jika ada yg mencela serta menganggap menghina perbuatan dan tindakan baik kita, anggaplah itu semua bagian dari bumbu penyedap masakan kita, yg akan semakin menambah sebuah cita rasa yg menggoda.

Orang yang selalu mempunyai keinginan dan kemauan untuk merubah hidupnya menjadi baik, maka mereka akan selalu takut dan selalu malu untuk melakukan keburukan, tetapi mereka lebih cenderung gemar dan senang didalam melakukan kebajikan. karena mereka telah mengetahui bawasannya kebaikan dari kebajikan akan membantu meningkatkan kualitas batin dan kualitas diri didalam spiritual.

"Tadi malam hanyalah mimpi, Esok cuma lamunan
Namun hari, yang dijalani dengan baik,
Membuat setiap hari kemarin menjadi mimpi indah
Dan setiap hari esok adalah bayangan harapan dan kegembiraan
Karenanya, hadapilah hari ini sebaik - baiknya"
Penyain besar India :: Kalidasa

Hari ini adalah hari kamis, mari tebarkan senyuman manis
Buanglah tatapan yg sinis, ciptakanlah suasana harmonis
Agar hidup semakin tmbh romantis, Jangan kebanyakan promise
Dan ingat...hidup haruslah selalu optimis
Agar hidup semakin terasa lebih manis

Top of Form
 

                                                                                                                                               By Aggacitto

Tidak ada komentar:

Posting Komentar