Pages

9 Mei 2013

Abhidhamma Made Easy 1 (AME) Yang Diselenggarakan oleh ITBC Cemara Asri



Latar Belakang
Seiring dengan kondisi perkembangan zaman diera-modren sekarang ini yang semakin hari semakin memprihatinkan serta semakin kerasnya persaingan hidup banyak memberikan fenomena/ permasalahan baik dari internal maupun dari eksternal bermunculan yang memberikan dampak buruk bagi kehidupan. Melihat kondisi yang sedemikian rupa tentu perlu adanya suatu perhatian dalam membantu mengurangi populasi meningkatnya masalah – masalah yang terjadi, yaitu dengan memberikannya wacana baru penanaman nilai - nilai spiritual yang memadai agar keseimbangan hidup tetap tejaga dengan baik. Berdasarkan data dilapangan ternyata hal tersebut disambut hangat, karena cara – cara dari pembekalan nilai – nilai spiritual cukup efektif hasilnya. Terlebih dengan cara tersebut dapat membantu memberikan suatu wadah bagi umat untuk lebih lagi dalam mempelajari dan menghayati ajaran Buddha Dhamma dengan benar.

Sang Buddha membagi menjadi tiga tahapan dalam beiajar, yaitu :
  1. Mempelajari Dhamma guna untuk mendapatkan pengertian
  2. Setelah mendapatkan pengertian yang benar kemudian diwujudkan dalam praktek/ tindakan
  3. Melalui praktek/ tindakan ini maka akan timbul penyelaman dan akan menghasilkan kedamaian serta kebahagiaan
Diharapkan dengan begitu akan menghasilkan sebuah manfaat yang baik serta sebagai sarana pembelajaran sebagai umat yang beragama, sebagai sarana pembentukan mental yang berbudi luhur dan sebagai bekal aktifitas dalam kehidupan sehari - hari.


Acara
Nama Kegiatan           : Abhidhamma Made Easy - AME 1
Hari/ tanggal               : 08 S/d 12 Juli 2013 Dilanjut 14,15,18,19,20 Juli 2013
Waktu                         : 19.00 S/d 22.00 WIB
Tempat                        : Hall Indonesia Theravada Buddhist Centre (ITBC)
                                      Komplek Perumahan Cemara Asri - Jl. Boulevard Utara No. 1




Narasumber
Profil singkat Pembicara :
Y.M Bhikkhu Kheminda BA, MA dilahirkan di Kota Semarang Jawa Tengah dan di-Upasambadha di Mahasi Sasana Yeiktha Meditation Center of Yangon, Myanmar pada tahun 2004. Beliau merupakan penerima medali emas (lulusan terbaik) dari The Internasional Theravada Buddhist Missionary University of Yangon, Myanmar pada tahun 2008.
Selama mendalami ajaran Buddha, beliau juga mengajar Abhidhamma kepada para Bhikkhu dan Bhikkuni dari luar negeri yang belajar di Myanmar. Dari bulan Juni 2008 sampai dengan bulan Desember 2010, beliau menjadi pengajar Abhidhamma dan pembimbing meditasi di Singapura yang mendapatkan sambutan baik dari begitu banyak murid. Selama tinggal di Singapura, beliau juga menyelesaikan pendidikan S2 (Buddhist Studies) dari The University of Kelaniya/ The Graduate School of Buddhist Studies, Singapura. Kini beliau sebagai anggota Sangha Agung Indonesia, beliau sering berkeliling di berbagai kota di Indonesia untuk mempopulerkan Abhidhamma. Dengan kelas Abhidhamma Made Easy-nya, beliau berhasil merubah citra Abhidhamma menjadi satu ajaran yang mudah dinikmati,  hal ini terbukti dari kelas - kelasnya yang selalu meluap dibanjiri oleh peserta.  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar