Pages

19 Agt 2011

Perlukah Menjalankan Sila???


Pengertian Sila
      Pancasila Buddhist didalam agama Buddha merupakan salah satu dasar yang tak kalah pentingnya untuk pembentukan diri setiap individu, karena dengan sila seseorang dapat  mengontrol dan mengendalikan setiap tindakan didalam kesehariannya. Perbuatan atau tindakan seseorang merupakan cerminan jati diri orang tersebut, apabila tindakannya baik tentu orang tersebut bisa dikatakan baik, demikian juga sebaliknya apabila tindakannya tidak sesuai, tidak baik tentu orang tersebut bisa dikatan tidak baik. Dalam kehidupan sehari – hari baik dalam lingkup keluarga, sekolah dan masyarakat umumnya tindakan yang kita perbuat merupakan senjata dan modal kita untuk mempermudah didalam berinteraksi. Orang akan menghargai, menghormati dan simpati kepada kita apa bila moralitas dan tindakan kita itu sesuai.

Pancasila Buddhis ( 5 Sila yg harus dijalankan)
  • Bertekat untuk tidak melakukan pembunuhan atau membuat penderitaan, menyiksa makhluk hidup
(Dalam sila yg pertama ini kita perlu mengembangkan Metta & Karuna kepada semua makhluk, karena kita tau bawasannya apabila kita membuat penderitaan kepada makhluk lain sama halnya kita telah menciptakan Akusala Kamma (kamma buruk) didalam diri kita, yg pada akhirnya nanti kamma itu akan kita rasakan dikemudian hari)

  • Bertekat untuk tidak mengambil barang yang tidak diberikan
(Untuk sila yang ke-2 ini hendaknya kita sebagai siswa sang Buddha, Pelestari Dhamma, Generasi Buddhist yang berbudi pekerti yang baik hendaknya berusaha untuk tidak melakukan pengambilan barang apapun bentuknya yg sebelum diberikan kepada kita)

  •   Bertekat untuk tidak melaukan asusila
(Asusila adalah tindakan yg tidak sesuai yg dikukan oleh seseorang yg belum mempunyai ikatan/ suami istri)

  •   Bertekat untuk tidak berbicara yang tidak benar, bohong & kasar
(untuk yg satu ini berbuhunagn dengan semua kata2 yang keluar dari mulut kita “ada pepatah mengatakan MULUTMU Adalah HARIMAUMU... kata - kata yg kasar, kotor, bohong merupakan pelanggaran dari sila yg ke-4 ini, jadi hendaknya dalam setiap harinya untuk berusaha mengendalikan dan memikirkan apapun yg akan kita katakan…baik kepada orang tua, saudara, teman dan lain2. hendaknya selalu berusaha untuk berbicara yg baik, lembut, yang sopan agar tidak membuat suatu pertentangan dg orang lain. Berbicara yg baik yang luhur merupakan salah satu bagian praktek juga yg tertera di Arya attangika magha /jalan mulia berunsur 8 yaitu “SAMMAVACCA

  • Bertekat untuk tidak mengkonsumsi makanan & minuman yang menyebabkan hilangnya kesadaran
( Sila ke - 5 berhubungan dengan makanan minuman yg melemahkan kesadaran yaitu minuman alkohol, obat2tan terlarang dan lain - lain. hendaknya kita sebagai generasi buddhis yang sudah memahami ajaran buddha untuk selalu waspada agar jangan sampai kita mengkonsumsi-nya)

Tujuan & Manfaat
    Tujuan mempraktikan Sila yaitu sebagai sarana upaya didalam pengendalian, setiap tindakan kita demi terciptanya hidup yang baik, yang luhur, harmonis dan bahagia. Manfaat dari menjalankan sila sangat besar sekali, tidak hanya orang akan senang, hormat dan simpati kepada kita tetapi dengan menjalankan sila kita akan mendapatkan kebahagiaan yg abadi, dengan menjalankan sila yang baik  maka akan bisa terealisasi menuju alam Surga dan Nibbana. Jadi jangan pernah berputus asa untuk mempraktekan dhamma.
Tetap semangat dan berusaha dan berusaha….


By Bhante Aggacitto
Happy Moment Happy in Dhamma

Tidak ada komentar:

Posting Komentar